Pohon Perdamaian Soekarno Tumbuh di Masjid Yordania

0
134

Nama besar Bung Karno sebagai pemimpin bangsa yang berperan dalam perdamaian dunia diakui secara global. Kiprahnya mewujudkan Gerakan Non Blok dan Konferensi Asia Afrika (KAA) menjadi perhatian karena saat itu dunia masih terpecah pada dua blok Barat yang dipimpin Amerika Serikat dan Blok Timur di bawah komando Uni Soviet.

Nah, rupanya peran Bung Karno ini membuatnya menjadi pahlawan dunia dan namanya diabadikan di Yordania. Tepatnya, nama Bung Karno diabadikan untuk nama pohon perdamaian di salah satu halaman Masjid Raja Hussein bin Talal yang berada di kompleks King Hussein Park, Amman, Yordania.

Pohon Soekarno yang melambangkan perdamaian itu merupakan jenis zaitun Usmaniyah. Penaman pohon itu dilakukan pada 15 Januari 2016 lalu. Tokoh perdamaian lainnya yang diabadikan di jalaman masjid itu adalah Mahatma Gandhi dan Nelson Mandela.
Tentu penghargaan itu tidak bisa dilihat hanya dari sekadar pohon saja. Sebab, nama Bung Karno diabadikan dengan sebutan pohon perdamaian.

Seperti dikutip laman kemenlu.go.id, peran Presiden Soekarno dalam menggelar KAA tahun 1955 untuk menciptakan perdamaian pasca perang dunia ke-2 dan perang dingin dinilai besar jasanya dalam menyatukan dunia serta memajukan kerja sama dan persahabatan demi kepentingan bersama. Sejarah Yordania juga mencatat partisipasi Yordania pada pertemuan pertama KAA tanggal 18 April 1955.

Di Peace Garden saat ini sudah terdapat pohon zaitun atas nama Mahatma Gandhi dan Nelson Mandela yang juga dikukuhkan oleh Pemerintah Yordania sebagai pembawa perdamaian dunia.

Pelaksanaan kegiatan tersebut bertepatan dengan perayaan Arbor Day (Hari Pohon) di Yordania. KBRI Amman mendonasikan ratusan pohon kepada GAM untuk ditanam di taman kota, sebagai upaya pelestarian atau penghijauan Kota Amman, Yordania, juga memperindah pemandangan.

_Artikel ini diambil dari buku Ensiklopedia Keislaman Bung Karno karya Rahmat Sahid._

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here